Scroll untuk baca artikel
Berita

Lebih Mudah, Kini Bayar Retribusi Bisa Pakai Virtual Account

346
×

Lebih Mudah, Kini Bayar Retribusi Bisa Pakai Virtual Account

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi pembayaran menggunakan QRIS. Foto: qris.online

CIREBON – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon berikan fasilitas pembayaran retribusi melalui virtual account dan QRIS.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP), Yudi Lukman Hakim mengatakan, untuk pembayaran retribusi bongkar muat kapal sendiri saat ini sudah memakai QRIS dan virtual account.

“Kita sudah pakai virtual account dan QRIS dan virtual account jadi langsung masuk ke kas daerah, jadi kita tidak pegang uang,” katanya, Selasa (24/10/2023).

Dirinya melanjutkan, dengan pembayaran melalui QRIS ataupun virtual account, dapat memudahkan pengusaha dalam membayar pajak retribusi.

“Jadi mau dimana saja dan kapan saja ya bisa bayar retribusi, kita sudah usahakan serba digital seperti ini sejak lama dan sekarang terwujud,” lanjutnya.

Ia menuturkan, memang tagihan masih dilakukan boleh koperasi, tapi untuk pembayaran sendiri langsung ke kas daerah menggunakan QRIS atau virtual account.

“Tidak bisa sekarang sih koperasi mengambil uang itu, memang koperasi yang mengelola, tapi untuk pembayaran sendiri langsung ke kas daerah,” tuturnya.

Jumlah pengusaha kapal sendiri menurut data DKPPP yang terdata ada 100 pengusaha yang memiliki kapal.

“Ada 100 pengusaha yang terdata, dan masing-masing membayar retribusi yang ada yang Rp 500 ribu hingga Rp 10 juta tergantung dengan hasil tangkapan ikan,” ungkapnya.*(Sakti)

TiketFest