Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Lima Destinasi Wisata Baru di Kota Cirebon, Ini Lokasinya

149
×

Lima Destinasi Wisata Baru di Kota Cirebon, Ini Lokasinya

Sebarkan artikel ini
Gedung BAT salah satu destinasi wisata di Kota Cirebon, Senin (5/2/2024). Foto: Dialog/Sakti

CIREBON – Kota Cirebon akan memiliki lima destinasi wisata baru untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan, lima destinasi wisata baru tersebut di antaranya Museum Topeng Wong di Balai Kota Cirebon, Kampung Wisata Kacirebonan, Kawasan Gedung Bundar di Taman Kebumen, Kampung Arab Panjunan, dan Wisata Heritage Gedung BAT.

“Tahun 2024 ini kami akan meluncurkan destinasi wisata perpaduan antara wisata budaya dan sejarah di Kota Cirebon,” katanya, Senin (5/2/2024).

Dirinya melanjutkan, destinasi wisata tersebut saat ini sedang dalam proses renovasi.

“Gedung bundar di Taman Kebumen banyak vandalisme dan rumput liar, nanti akan kita bersihkan, sementara itu, Museum Topeng Wong di Balai Kota Cirebon, kami sudah minta seniman membuatnya sedangkan Wisata Heritage Gedung BAT itu kelola oleh swasta,” lanjutnya.

Ia menuturkan, untuk destinasi lainnya yaitu Kampung Wisata Kacirebonan dan Kampung Arab Panjunan sedang dalam proses penyempurnaan.

“Dua destinasi wisata tersebut sudah dirintis sejak tahun 2023 lalu, untuk Kampung Wisata Kacirebonan sudah siap dikunjungi, hanya ada sedikit yang harus ditata ulang. Sama halnya dengan Kampung Arab Panjunan,” tuturnya.

Agus mengungkapkan, kelima destinasi wisata baru tersebut agar dapat dilaunching pada hari jadi ke-597 Cirebon bulan Juli mendatang.

“Semuanya itu kembali kepada proses pengerjaannya. Tapi saya optimis apa yang sudah menjadi target bisa tercapai,” jelasnya.

Ia menargetkan, dengan adanya lima destinasi wisata baru tersebut dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.*(Sakti)

TiketFest