Scroll untuk baca artikel
Berita

Polisi Menunggu Hasil Labfor Terkait Penyebab Kebakaran Hotel di Jakarta Selatan

355
×

Polisi Menunggu Hasil Labfor Terkait Penyebab Kebakaran Hotel di Jakarta Selatan

Sebarkan artikel ini
Lokasi di depan hotel yang terbakar pada Kamis (18/8) telah dipasang garis polisi, di Jalan Panglima Polim V No.2 RT.01 RW.05 Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/8/2023). (Foto: ANTARA/HO-Gulkarmat Jaksel.)

JAKARTA – Kepolisian Sektor (Polsek) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, masih menunggu hasil dari Laboratorium Forensik (Labfor) Polri terkait penyebab dugaan kebakaran yang terjadi di sebuah hotel di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/8) malam.

“Penyebab kebakaran masih belum diketahui karena yang dapat menentukan bukanlah dari pemadam kebakaran, melainkan dari Labfor,” kata Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol Tribuana Seno, yang dikutip dari ANTARA, Jum’at (18/8/23).

Selain itu, ia menjelaskan bahwa hingga pagi Jumat ini, pihaknya belum dapat memasuki lokasi kejadian kebakaran (TKP) karena masih dalam kondisi berasap.

“Kami belum bisa masuk karena masih berasap di dalam hotel. Namun, informasi awal menyebutkan bahwa kebakaran terjadi di lantai dua,” tambahnya.

Tribuana juga telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, termasuk pemilik hotel, resepsionis, dan karyawan hotel, mengenai kejadian kebakaran tersebut.

Sebelumnya, sebuah puntung rokok yang masih menyala diduga menjadi penyebab terjadinya kebakaran di salah satu hotel di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, pada Kamis malam (17/8) sekitar pukul 23.50 WIB, yang mengakibatkan tiga orang tewas.

“Korban tewas diduga terjebak oleh asap tebal di lantai dua hingga empat,” kata perwira piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan, Sukur Sarwono.

Sukur menjelaskan bahwa tiga korban tersebut terdiri dari satu pria bernama Hilal (42) dan dua wanita yang belum teridentifikasi, serta tiga orang lainnya mengalami luka-luka, yaitu dua pria bernama Triyana (25), Firmansyah (27), dan seorang wanita bernama Nadia (23).

Menurut Sukur, kebakaran yang melanda hotel di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, diduga dimulai dari puntung rokok yang masih menyala dan kemudian merambat ke barang-barang di dalam ruangan.

“Kebakaran ini bermula dari puntung rokok di lobi hotel yang berada di lantai dua. Karena bangunan tidak memiliki ventilasi, asap menyebar ke seluruh ruangan di lantai dua dan tiga,” jelasnya.

Kebakaran tersebut terjadi di Jalan Panglima Polim V No.2 RT.01 RW.05, Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pihak berwenang telah mengerahkan 20 unit mobil pemadam kebakaran dan 85 personel untuk memadamkan api.***

TiketFest