Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Rajin Blusukan, KPU Kota Cirebon Optimistis Partisipasi Pemilu Melebihi Target 80 Persen

269
×

Rajin Blusukan, KPU Kota Cirebon Optimistis Partisipasi Pemilu Melebihi Target 80 Persen

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi-logo Pemilu 2024 KPU.ANTARA/HO-Dokumentasi KPU

CIREBON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon rutin blusukan ke setiap kelurahan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi dalam menggunakan hak pilih. Dengan demikian, partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 diharapkan melebihi target 80 persen.

Ketua KPU Kota Cirebon Mardeko mengatakan, menaikkan angka partisipasi pemilih di daerahnya merupakan tantangan yang harus dihadapi. Menurutnya, kondisi saat ini sangat berbeda dibanding pemilu sebelumnya.

Pada Pemilu 2019, KPU Kota Cirebon dibantu puluhan relawan demokrasi yang direkrut untuk menggiatkan sosialisasi. Saat ini, para petugas KPU Kota Cirebon yang mengambil peran tersebut agar angka partisipasi pemilih meningkat.

“Cara kita, yaitu melihat kegiatan di kelurahan dan kecamatan yang sifatnya mengumpulkan massa. Kita minta izin untuk ikut di situ, bahasanya nebeng menyampaikan sosialisasi,” kata Mardeko dilansir dari ANTARA, Jumat (3/11/2023).

Ia menyebutkan para petugas dikerahkan mendatangi masyarakat secara langsung, kemudian memberikan pemahaman terkait pentingnya menggunakan hak pilih serta menyosialisasikan tahapan pemilu.

Meskipun jumlah petugas terbatas, Mardeko optimistis kegiatan blusukan itu bisa menyadarkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif pada Pemilu 2024.

“Kalau dulu ada relawan demokrasi, yakni masyarakat direkrut untuk melakukan sosialisasi. Kalau sekarang sudah tidak ada. Mau tidak mau kita harus bergerak sendiri,” jelasnya.

Pada Pemilu 2024, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Cirebon sebanyak 252.385 orang yang terdiri atas 50,33 persen pemilih perempuan dan 49,67 persen laki-laki.

Mardeko mengimbau masyarakat datang ke tempat pemungutan suara pada 14 Februari 2024 dan menggunakan hak pilihnya.*

TiketFest