Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

Ramadan di Lapas Kelas I Cirebon, dari Mengaji hingga Menjahit

125
×

Ramadan di Lapas Kelas I Cirebon, dari Mengaji hingga Menjahit

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Cirebon di bulan Ramadan ini melangsungkan sejumlah kegiatan keagamaan.

Kegiatan yang terpusat di masjid setempat yakni Masjid At-taubah tersebut diikuti ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kalapas Kelas I Cirebon, Yan Rusmanto mengatakan, Untuk Ramadan tahun ini, Lapas Kelas I Cirebon mengadakan berbagai kegiatan rutin seperti salat berjamaah, tausiyah dari Kemenag atau pesantren. Selain itu, ada kegiatan salat dhuha, tadarus baca Al-quran, pesantren kilat, jelang buka puasa ada salawatan. 

“Setelah waktu berbuka puasa dilanjut dengan salat berjamaah dan setelah itu bergiliran per-blok melaksanakan salah tarawih berjamaah lanjut tadarus,” jelas Kalapas, Jumat (22/3/2024). 

Kegiatan itu diikuti oleh seluruh warga binaan yang beragama Islam, karena merupakan kewajiban. 

“Kalau muslim ikut kegiatan muslim, begitu pun nasrani mengikuti kegiatan nasrani, ada juga penjadwalan dan pertimbangan untuk mengikuti kegiatan,” ungkapnya. 

Selain kegiatan keagamaan, lanjut Yan, aktvitas rutin seperti bengkel kerja pun tetap berjalan. 

“Bengkel kerja itu bagian dari kegiatan kemandirian, ada beberapa kegiatan yang mandiri ada juga yang bekerja sama dengan pihak ketiga, seperti rotan, konveksi, kain lap. Itu semua melibatkan mereka (warga binaan),” jelasnya.***

TiketFest