Scroll untuk baca artikel
CirebonDialog Pemilu

Ratusan TPS di Kabupaten Cirebon Rawan Diterjang Bencana Banjir dan Angin Puting Beliung

92
×

Ratusan TPS di Kabupaten Cirebon Rawan Diterjang Bencana Banjir dan Angin Puting Beliung

Sebarkan artikel ini
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon melakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di TPS 11 Watubelah, Rabu (31/1/2024). Foto: Dialog/Haqi

CIREBON– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon menyatakan, ratusan tempat pemungutan suara (TPS) di 10 kecamatan yang ada Kabupaten Cirebon berisiko dilanda bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Deni Nurcahya mengatakan, kecamatan berpotensi tersebut berada di Depok, Jamblang, Klangenan, Plumbon, Talun, Gempol, Palimanan, Gunungjati, Waled, dan Gegesik.

Menurutnya, bencana yang berpotensi melanda 10 kecamatan tersebut adalah angin puting beliung dan banjir.

“Cirebon dalam beberapa hari ini sering diguyur hujan intensitas tinggi. 10 kecamatan itu terkena dampak,” kata Deni di Kabupaten Cirebon, Selasa (13/2/2024).

Deni menyebutkan, dalam upaya mengantisipasi bencana tersebut BPBD sudah melakukan simulasi penyelamatan kotak surat suara beberapa waktu lalu.

Simulasi tersebut pun melibatkan tenaga relawan yang tergabung dalam kelompok Latar Wingking.
 
“Simulasi melibatkan para relawan, termasuk relawan dari Latar Wingking. Simulasi penyelamatan kotak surat suara ini sebagai antisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, angin puting beliung, dan banjir,” kata Deni.

Tak hanya itu, BPBD Kabupaten Cirebon sudah menyampaikan rencana aksi tersebut ke BPBD Provinsi Jawa Barat. 

Diharapkan, bencana hidrometeorologi tidak terjadi pada saat hari pencoblosan nanti. “Mudah-mudahan tidak sampai terjadi bencana itu,” kata Deni.*(Haqi)

TiketFest