Scroll untuk baca artikel
BeritaBisnis

River Tubing di Desa Kubang Cirebon, Suguhkan Wisata Alam Berkesan

330
×

River Tubing di Desa Kubang Cirebon, Suguhkan Wisata Alam Berkesan

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Dunia pariwisata Kabupaten Cirebon semakin menggeliat. Khususnya di wilayah Kecamatan Talun. 

Salah satu desa yang terus mengeksplorasi sumber daya yang ada untuk sektor pariwisata adalah Desa Kubang. 

Di desa ini terdapat destinasi yang menawarkan pengalaman tubing yang menarik bagi pengunjung. 

Kuwu Desa Kubang, Wawan Karyawan menjelaskan, desa yang berada di Kecamatan Talun ini tidak kalah daya saing di sektor pariwisatanya. Desa ini memiliki potensi alam yang luar biasa. 

“Desa kami tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga pada manajemen yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes). River Tubing ini dikelola oleh BumDes,” ucap Wawan. 

Menurut Wawan, tubing adalah kegiatankini menjadi daya tarik utama desanya. 

“Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sungai yang memikat sambil merasakan sensasi petualangan yang menyenangkan,” ujarnya. 

Wawan mengungkapkan, wisata tersebut untuk sementara jam operasionalnya pada akhir pekan saja atau Hari Sabtu dan Minggu. Untuk harga menikmati wisata itu, per orang cukup merogoh kocek Rp 30 ribu saja. Nantinya, akan menyusuri sungai sepanjang 350 meter atau waktu tempuh kurang lebih 30 menit. 

Menariknya, pengelolaan kegiatan tubing ini sepenuhnya ditangani oleh BumDes setempat. Hal ini tidak hanya memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung, tetapi juga memberdayakan masyarakat lokal. 

“Adanya kegiatan tubing yang dikelola oleh BumDes, kami dapat merasakan manfaat langsung dari pariwisata yang berkembang di desa kami. Selain itu, kami juga dapat ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar,” ujarnya. 

Mengenai akses, wisatawan yang dari arah Kota Cirebon bisa melalui jalur menuju Sumber Kabupaten Cirebon, nanti sebelum wilayah Kemantren ada persimpangan ambil jalur kiri ke arah Wanasaba kemudian luru terus ke selatan.

“Sebelum balai desa ada petunjuk berupa spanduk bahwa sudah sampai ke area wisata River Tubing, lokasinya ada di sebelah kanan kalau dari arah utara. Selamat mencoba dan nikmati sensasi alam di desa kami,” katanya.***

TiketFest