Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Sebanyak 6.401 Pemilih Pemula di Kota Cirebon Lakukan Perekaman KTP Jelang Pemilu

205
×

Sebanyak 6.401 Pemilih Pemula di Kota Cirebon Lakukan Perekaman KTP Jelang Pemilu

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi seseorang saat menunjukkan KTP. Foto: Dialog/Siti Masithoh

CIREBON – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon mencatat dari 8.065 orang yang masuk sebagai pemilih pemula, sebanyak 6.401 orang sudah melakukan perekaman KTP sampai tanggal 8 Januari 2024.

Plt Kepala Disdukcapil Kota Cirebon Rahmat Saleh mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan kinerja guna melayani perekaman KTP bagi pemilih pemula pada Pemilu 2024.

Pihaknya juga terus menjangkau setiap sekolah di Kota Cirebon agar siswa yang memenuhi kriteria usia dapat mengurus dokumen tersebut.

“Yang paling penting sasaran kita, untuk melakukan perekaman itu sudah dijalankan,” ungkapnya dikutip dari ANTARA, Kamis (11/1/2024).

Pihaknya memastikan program itu akan digiatkan kembali, sehingga cakupan siswa sekolah yang masuk kategori pemilih potensial bisa terlayani untuk perekaman KTP.

“Kita secara kontinyu lagi bergerak juga ke sekolah, seperti ke SMA Negeri 6 Kota Cirebon. Masih ada sekitar 1.664 pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP. Untuk perekaman wajib KTP yang sudah mencapai 6.401 orang,” jelasnya.

Dalam program itu, lanjut dia, Disdukcapil Kota Cirebon sempat menemukan beberapa kendala yang menghambat proses pelayanan pembuatan KTP bagi pemilih pemula.

Salah satunya adalah banyak penduduk asal Kota Cirebon, khususnya pemilih pemula yang saat ini berada atau menetap di luar daerah.

Namun demikian, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi hingga Dinas Pendidikan terkait agar bisa dilakukan perekaman KTP untuk luar kota.

“Kita pastikan semua pemilih pemula bisa terlayani untuk perekaman ini,” katanya.*

TiketFest