Scroll untuk baca artikel
CirebonBerita

Student Exchange, Dua Mahasiswi Asal Belanda Ikuti Pembelajaran di FK UGJ Cirebon

244
×

Student Exchange, Dua Mahasiswi Asal Belanda Ikuti Pembelajaran di FK UGJ Cirebon

Sebarkan artikel ini
Rektor UGJ beserta jajaran berfoto bersama dengan mahasiswa dari Belanda, UGJ, Rabu (6/3/2024). Foto: Dialog/Hasan
Rektor UGJ beserta jajaran berfoto bersama dengan mahasiswa dari Belanda, UGJ, Rabu (6/3/2024). Foto: Dialog/Hasan

CIREBON – Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, khususnya Fakultas Kedokteran kehadiran dua mahasiswi mancanegara, mereka adalah Jara Stevens dan Romy Ans Jeanne Van dari Radboud University Nijmegen, Belanda.
Keduanya sedang mengikuti program student exchange atau pertukaran pelajar.

Dekan FK UGJ, dr. H. Catur Setiya Sulistiyana, M.Med. Ed menjelaskan, mereka (dua mahasiswa asal Belanda) ini nantinya akan ke Rumah Sakit Waled Kabupaten Cirebon dan puksemas-puskesmas

“Mereka itu sudah sudah hampir jadi dokter jadi ketika mereka kembali ke Belanda mereka sudah menjadi dokter dan di sini mereka akan belajar berkaitan dengan kasus kasus penyakit di negara tropis seperti Indonesia yang di negara Belanda jarang atau tidak ada,” jelas dr Catur usai berdiskusi bersama kedua mahasiswi tersebut, Rabu (6/3/2024).

Di Indonesia sangat banyak demam berdarah, sehingga mereka diharapkan bisa mendapatkan kasus dan pasien terkait dengan penyakit-penyakit negara tropis di Indonesia.

“Alhamdulillah respon Radboud University dengan UGJ sudah kerjasama dengan cukup baik,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut dr Catur, student exchange ini untuk tahun 2024 sudah diagendakan tiga kali yakni di Bulan Maret ada 2 orang nanti di Bulan Juni dan Agustus juga ada.

“Ini merupakan kerjasama dalam upaya pengembangan dan kerja sama internasional dari UGJ, sesuai dengan harapan Pak rektor dan ketua yayasan,” ucapnya.

“Kerja sama ini bisa terwujud dengan universitas luar negeri dan sebagai pilihan tindaklanjut nanti, kami juga bisa mengirimkan mahasiswa kami. Dokter muda yang selesai bisa juga kita kirim ke sana,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UGJ, Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, SP., M.M menjelaskan, mereka ini akan melaksanakan kegiatan magang di UGJ selama 3 bulan, akan menggaji tentang penyakit tropical dan kesehatan ibu dan anak jadi akan mereka mengkaji beberapa literasi khususnya di rumah sakit.

“Ke Rumah Sakit Waled juga Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon intinya mereka ini adalah mahasiswa tingkat akhir yaitu pada program promosi dokter ya karena mereka di posisi di semester akhir sehingga ketika mereka pulang dari Indonesia sudah mendapatkan gelar sebagai dokter profesi ini merupakan kerjasama antar perguruan tinggi antar UGJ dengan kampus di mancanegara,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV UGJ, Dr Cita Dwi Rosita, M Pd mengatakan, UGJ merasa bangga diberikan amanah oleh Radboud University dengan mengirimkan mahasiswi.

“Di Indonesia hanya Undip dan UGJ yang menerima Radboud University,” jelas Cita.

“Harapannya, kerja sama ini nanti bisa memberikan dampak lebih baik di dunia internasional,” ungkapnya.***

TiketFest