Scroll untuk baca artikel
Dialog PemiluCirebon

Suara Ganjar-Mahfud Paling Buncit di Kabupaten Cirebon

286
×

Suara Ganjar-Mahfud Paling Buncit di Kabupaten Cirebon

Sebarkan artikel ini
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto: Instagram @ganjar_pranowo

CIREBON– Suara pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD paling buncit berdasarkan hasil penghitungan cepat (quick count) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Berdasarkan hasil quick count oleh Kawalpemilu.org hingga Kamis (15/2/2024) pukul 11.30 WIB, suara pasangan nomor urut tiga ini hanya mengumpulkan 14,37%.

Sementara, pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 20,30% dan pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mampu menembus angka 65,33%.

Ganjar-Mahfud merupakan pasangan yang didukung oleh PDIP Perjuangan, Hanura, Perindo, dan PPP.

Pasangan ini memiliki misi untuk memajukan Indonesia menuju keunggulan. Sementara, visi mereka adalah “Gerak Cepat Menuju Indonesia Unggul”.

Visi tersebut mencerminkan komitmen mereka untuk membangun Indonesia yang lebih baik, lebih maju, dan lebih berdaya saing di tingkat global.

Hasil quick count Pilpres 2024 atau hitung cepat merupakan salah satu panduan bagi masyarakat untuk memantau hasil Pemilu 2024.

Namun selain quick count, metode penghitungan suara saat Pemilu dan Pilpres juga mencakup real count atau penghitungan sebenarnya yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain itu, ada exit poll atau jajak pendapat yang dilakukan publik di tempat pemungutan suara (TPS).

Sederet metode penghitungan suara Pilpres 2024 itu pun telah diatur oleh Undang-undang No.7/2017 tentang Pemilu. Regulasi itu, tepatnya Pasal 448,  mengatur partisipasi masyarakat atau non-pemerintah. 

Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu bisa dilakukan dengan sosialisasi, pendidikan politik bagi pemilih, survei dan jajak pendapat, serta penghitungan cepat hasil Pemilu.*(Haqi)

TiketFest