Scroll untuk baca artikel
BeritaDialog Pilkada

Tahapan Pilkada Resmi Diluncurkan KPU Kota Cirebon

173
×

Tahapan Pilkada Resmi Diluncurkan KPU Kota Cirebon

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Launching tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2024 digelar di depan Balai Kota Cirebon, Sabtu (1/6/2024).

Seremoni peluncuran tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon tahun 2024 ini digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon merupakan salah satu pilar utama dalam menjaga keberlangsungan demokrasi.

“Kita semua harus melihat bahwa pemilihan ini tidak hanya sebagai proses pergantian kepemimpinan, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat komitmen kita terhadap prinsip-prinsip demokrasi, transparansi, dan partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Pj Wali Kota mengingatkan hal yang penting untuk kita perhatikan bersama dalam menghadapi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon, yaitu terkait keamanan, ketertiban dan kondusivitas.

“Saya mengajak seluruh aparat keamanan, penyelenggara pemilihan, dan elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi tersebut dan menghindari segala bentuk provokasi, kekerasan, dan kecurangan yang dapat mencederai proses demokrasi kita,” tuturnya dalam keterangan yang dikutip, Senin (3/6/2024). 

Pj Wali Kota melanjutkan, hal yang tidak kalah penting adalah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon, ia juga mengimbau agar dapat menggunakan hak pilih dengan bijak.

“Saya selalu menekankan kepada seluruh aparatur pemerintah untuk bersikap netral dan profesional, memberikan perlakuan yang adil dan setara, tanpa ada keberpihakan terhadap pihak manapun,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cirebon Mardeko mengatakan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Waki Bupatis serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, telah ditetapkan bahwa pemungutan suara serentak nasional akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 November Tahun 2024.

“Momen ini sebagai tonggak awal untuk mendongkrak semangat partisipasi seluruh elemen terkait dalam upaya menyukseskan seluruh tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, KPU juga merilis maskot macan Mali dan Mila serta jingle Pilkada Kota Cirebon. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama menyukseskan pemilu. 

“Maskot macan Mali yang artinya mari memilih dan Mila artinya memilih langsung. Macan disini juga akronim dari manusia cerdas dan amanah.  Jadi harapannya semoga pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Citebon melahirkan pemimpin yang amanah dan meningkatkan kesejahteraan warga Kota Cirebon,” harapnya.***

TiketFest