Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Terkait Gedung Setda Kota Cirebon, Kejari Minta Keterangan Kadis IW

237
×

Terkait Gedung Setda Kota Cirebon, Kejari Minta Keterangan Kadis IW

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cirebon IW dimintai keterangan oleh Kejaksaan Negeri Kota Cirebon terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi pembangunan gedung Sekretariat Daerah Kota Cirebon, Senin (8/7/2024) lalu.

Pemeriksaan tersebut dimulai sejak jam 10.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB, berdasarkan pantauan di lapangan, terdapat 2 pejabat Pemkot Cirebon dan 2 mantan pejabat Pemkot Cirebon yang dimintai keterangan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cirebon. 

IW diperiksa karena pada saat itu (tahun 2016) menjabat sebagai kepala bidang di DPUTR Kota Cirebon dan diduga terlibat dalam pembangunan gedung Sekretariat Daerah Kota Cirebon.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cirebon Muhammad Hamdan melalui Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Cirebon Slamet Haryadi membenarkan adanya pemeriksaan tersebut.

“Kita saat ini sudah memeriksa 5 orang terkait dengan pembangunan gedung sekretariat daerah Kota Cirebon, salah satunya benar IW,” katanya saat ditemui usai giat penerangan hukum, Rabu (10/7/2024).

Dirinya melanjutkan, saat ini, seksi tindak pidana khusus sendiri sedang menangani full data full bracket tentang gedung Setda Kota Cirebon.

“Berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sendiri ada Rp 34 Miliar, masih dalam penyelidikan di Pidsus,” lanjutnya.

Ia menuturkan, saat ini pihaknya menunggu hasil proses dari penyelidikan terlebih dahulu.

Berdasarkan informasi yang didapat pemeriksaan tersebut terkait dengan adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang denda keterlambatan pembangunan gedung sekretariat daerah Kota Cirebon tahun 2016 senilai Rp 34 Miliar.

Dari informasi yang didapat juga Pemeriksaan tersebut juga mengenai temuan BPK tersebut termasuk pekerjaan yang tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Saat ditemui Kadispora Kota Cirebon IW enggan berkomentar terkait dengan pemeriksaannya.***(Sakti)

TiketFest