Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Turun Langsung ke Lokasi, Bawaslu Kota Cirebon Pastikan Logistik Pemilu 2024 Penuhi Standar

335
×

Turun Langsung ke Lokasi, Bawaslu Kota Cirebon Pastikan Logistik Pemilu 2024 Penuhi Standar

Sebarkan artikel ini
Bawaslu lakukan pantauan langsung di Gudang Logistik KPU Kota Cirebon, Selasa (7/11/2023). Dok. Bawaslukotacirebon

CIREBON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon memastikan seluruh tahapan penerimaan logistik Pemilu 2024 di daerahnya dengan melakukan pemantauan secara langsung guna menjamin barang-barang itu sudah sesuai kebutuhan, memenuhi standar dan tepat peruntukannya.

“Pengawasan dari Bawaslu akan melekat pada setiap tahapan Pemilu 2024, termasuk logistik. Kita tidak ingin terjadi misalnya terjadi kekurangan logistik mendekati Pemilu 2024,” kata Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Cirebon Nurul Fajri, dikutip dari Antara, Rabu (8/11/2023).

Fajri mengatakan, pihaknya memantau secara langsung aktivitas penerimaan logistik pemilu di gudang penyimpanan di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Selasa (7/11/2023). Dari pengawasan tersebut Bawaslu Kota Cirebon memberikan sejumlah catatan.

Salah satu hal yang disorot Bawaslu Kota Cirebon, kata Fajri, yakni berkenaan dengan titik penyimpanan beberapa barang seperti tinta untuk dipindahkan ke area lain, sehingga terhindar dari potensi terkena cipratan atau limpahan air ketika hujan.

“Kita sarankan agar digeser sedikit. Kebetulan hanya berapa meter dari titik tersebut ada ventilasi udara yang berpotensi bisa terkena air,” ujarnya.

Kemudian dari segi keamanan, Fajri menyarankan agar KPU Kota Cirebon dapat menambah kamera CCTV untuk mempermudah proses pengawasan ribuan logistik yang berada di dalam gudang.

Ia menyebutkan dari data yang ada, saat ini KPU Kota Cirebon telah menerima sebanyak 4.104 bilik dan 5.130 kotak suara serta masing-masing 10 lembar logistik cadangan untuk dipakai pada Pemilu 2024.

Selain itu, tinta dan segel plastik pun sudah tersimpan rapi di dalam gudang tersebut.*

TiketFest