Scroll untuk baca artikel
Dialog PemiluCirebon

Unik, TPS Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon Usung Tema Imlek Sampai Valentine

123
×

Unik, TPS Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon Usung Tema Imlek Sampai Valentine

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2024 di Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon, Rabu (14/2/2024). Foto: Dialog/Sarrah

CIREBON– Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon atau dikenal dengan Lapas Gintung pada hari pencoblosan Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024), mengusung beragam tema di masing-masing TPS mulai dari Imlek hingga Valentine.

Diketahui terdapat 3 TPS yang disediakan di Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon yakni TPS 901, 902, dan 903.

Pada masing-masing TPS tersebut memiliki tema berbeda-beda dengan tujuan untuk memberikan suasana meriah dan rasa nyaman bagi narapidana.

“Kita di sini mengusung tema yang berbeda di setiap TPS kami, ada yang religi dengan sedikit dekor di dekat masjid TPS 901, kemudian suasana Imlek di TPS 902 dengan dekor serba merah beserta lampion, terakhir valentine di TPS 903 dengan sedikit dekor berwarna pink,” kata Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Demi, Rabu (14/2/2024).

“Kami sengaja memberikan tema atau konsep pada setiap TPS untuk memberikan rasa nyaman bagi teman-teman narapidana agar tidak merasa (melaksanakan) Pemilu di tahanan,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan Dialog Indonesia, petugas yang berjaga pun menggunakan pakaian adat berwarna hitam untuk laki-laki dan kebaya berwarna untuk perempuan.

“Karena ini suasana Pemilu dimana narapidana akan memberikan suaranya, agar nyaman dan tidak merasa segan dengan petugas makanya kami berpakaian adat, yang bahkan ada yang berpakaian sebagai linmas, jadi suasananya seperti di TPS pada umumnya bukan lapas,” terangnya.

Seperti pada proses pemilihan pada TPS pada umumnya yang membedakan di akhir proses setiap narapidana diberikan roti.

“Kita ada roti yang diproduksi sendiri, semacam roti kopi yang kami bagikan kepada narapidana,” ucapnya.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mengikuti kontestasi pemilu yakni 452 orang.

“DPT awalnya itu 722 per bulan Juli tahun lalu, namun karena banyak yang sudah keluar (bebas) jadi DPT terkini 452,” terang Deni.

Masing-masing TPS dengan data DPT terkini untuk TPS 901 terdapat 176 DPT, 902 sebanyak 194 pemilih, 903 sebanyak 82 pemilih.

“Untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di TPS 901 terdapat 139 orang, 902 sebanyak 144 orang, dan 903 terdapat 79 orang,” ungkapnya.

“Untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Bebas di TPS 901 ada 116, 902 ada 104, terakhir 903 ada 50, total keseluruhan yang memilih di lapas gintung ini 814 orang” imbuhnya.

Menambahkan, Ketua TPS 903 Ahmad mengatakan, hampir seluruh narapidana yang tercatat di DPT memilih tanpa kurang suatu apapun dan kesulitan dalam proses pencoblosannya.

“Nggak lancar kok, semuanya mudah memahami proses pencoblosan dari awal sampai akhir pokoknya tidak ada kendala Alhamdulillah,” tutupnya.*(Sarrah)

TiketFest