Scroll untuk baca artikel
Dialog PilkadaCirebon

Untuk Pilkada Kota Cirebon, Partai NasDem dan Gerindra Resmi Berkoalisi

273
×

Untuk Pilkada Kota Cirebon, Partai NasDem dan Gerindra Resmi Berkoalisi

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini yang akan digelar pada tanggal 27 November 2024 mendatang mulai terasa “gelombangnya”. Khusunya di Kota Cirebon. 

Peta perpolitikan mulai mengerucut, salah satunya yakni telah sepakatnya dua partai berkoalisi untuk mengarungi bahtera Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon. 

Dua partai tersebut yakni Partai NasDem dan Gerindra yang mendeklarasikan diri berkoalisi di salah satu hotel di Jalan Tentara Pelajar, Jumat (31/5/2024). 

Koalisi dua partai yang dinahkodai Surya Paloh dan Prabowo Subianto tersebut dinamakan Koalisi Maju Bersama untuk Kota Cirebon. 

Ketua DPD NasDem Kota Cirebon, Eti Herawati mengatakan, Koalisi Maju Bersama untuk Kota Cirebon masih terbuka untuk partai lain. 

Pihaknya berharap, kedua partai ini bisa memberikan kontribusi untuk Kota Cirebon.

“Hari ini komunikasinya masih koalisi bersama. Kami juga masih membuka untuk partai lain bergabung dengan Koalisi Maju Bersama untuk Kota Cirebon,” ujar Eti.

Perihal calon yang akan diusung nanti dalam Pilkada 2024, Eti belum bisa berkomentar, karena, menurut Eti, masih banyak yang harus dievaluasi dan sebagainya.

“Untuk calon masih menyusul. Tapi kami targetnya untuk Cirebon Maju, karena prosesnya masih panjang,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPC Gerindra Kota Cirebon, Emang Sulaeman menyebut Gerindra dan NasDem Kota Cirebon memiliki kesamaan Dan kecocokan. 

Namun, menurut Eman, Koalisi Maju Bersama untuk Kota Cirebon Masih terbuka untuk partai lain.

“Tapi yang mau bergabung dengan koalisi ini tentunya harus sepaham dulu dengan kami. Mudah-mudahan koalisi ini bisa terbangun seterusnya,” katanya. 

Naskah deklarasi dibacakan langsung oleh Ketua Bappilu Partai Nasdem M. Noupel dan Ketua Bappilu Partai Gerindra Fitrah Malik. Dalam naskah tersebut, Nasdem dan Gerindra bersepakat;

1. Untuk berkoalisi, bekerjasama dan mengusung 1 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Cirebon pada Pilkada Kota Cirebon tahun 2024.

2. Bersepakat untuk menanamkan koalisi Nasdem dan Gerindra dengan nama “Koalisi Maju Bersama untuk Kota Cirebon”.

3. Kerjasama Nasdem dan Gerindra didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan yang merata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cirebon.

4. Hal-hal lain yang belum tertuang dalam naskah deklarasi ini akan diatur dan disepakati di kemudian hari.***

TiketFest