Scroll untuk baca artikel
Tekno

Alasan Baterai Ponsel Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

729
×

Alasan Baterai Ponsel Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi baterai ponsel lithium ion. (Pexels/Tyler Lastovich)

JAKARTA – Menghadapi baterai ponsel yang cepat habis saat berada di luar rumah seringkali menjadi pengalaman yang membuat frustrasi. Beberapa alasan mengapa baterai ponsel kita cepat terkuras telah diidentifikasi, dan berikut adalah cara mengatasi masalah tersebut seperti yang dilansir oleh Gizchina pada Minggu ini.

1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Illustrasi smartphone. Foto: Pixabay

Salah satu alasan utama mengapa baterai ponsel cepat habis adalah tingkat kecerahan layar yang tinggi. Meskipun memiliki layar yang terang terlihat bagus, kecerahan yang tinggi akan menguras daya baterai dengan cepat.

Untungnya, mengatasi masalah ini cukup mudah. Anda dapat mengurangi kecerahan layar dengan membuka pengaturan kecerahan ponsel dan menurunkan penggesernya. Selain itu, aktifkan juga pengaturan penyesuaian kecerahan otomatis yang akan mengatur kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar secara otomatis.

2. Aktifkan Mode Gelap (Dark Mode)

Sebagian besar ponsel modern saat ini menggunakan layar OLED dan menyediakan mode tampilan gelap. Mode ini menggunakan latar belakang warna hitam, yang membantu menghemat daya karena pixel hitam pada layar OLED tidak mengonsumsi energi.

Aktifkan mode gelap di ponsel Anda, terutama saat mengakses aplikasi atau situs web yang mendukungnya. Ini akan membantu mengurangi penggunaan daya baterai secara signifikan.

3. Tutup Aplikasi di Latar Belakang

Illustrasi smartphone. Foto: Pixabay

Beberapa aplikasi harus berjalan di latar belakang untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Misalnya, aplikasi VPN, media sosial, kalender, kesehatan, dan antivirus. Namun, beberapa aplikasi tetap berjalan bahkan setelah Anda selesai menggunakannya.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat mengelola banyak memori dan menguras daya baterai. Pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak diperlukan berjalan di latar belakang, dan aktifkan opsi “pengoptimalan baterai” pada pengaturan ponsel Anda untuk menjaga kondisi baterai tetap baik.

4. Periksa Semua Koneksi Nirkabel

Membiarkan ponsel tetap terhubung ke WiFi, Bluetooth, dan data seluler sepanjang waktu mungkin terlihat nyaman, tetapi ini dapat menguras baterai secara signifikan. Saat ponsel terhubung ke beberapa jaringan nirkabel, baterai harus bekerja lebih keras.

Ketika Anda berada di rumah, matikan data seluler dan biarkan ponsel terhubung ke WiFi. Saat Anda berada di luar, matikan WiFi dan Bluetooth jika tidak digunakan untuk mengurangi penggunaan daya.

5. Cek Pengaturan Aplikasi Pelacak Lokasi

Illustrasi smartphone. Foto: Pixabay

Banyak aplikasi di ponsel memiliki kemampuan untuk melacak lokasi pengguna, bahkan saat tidak digunakan secara aktif. Ini termasuk aplikasi seperti Google Maps, layanan taksi online, Facebook, dan Instagram.

Matikan pengaturan lokasi saat Anda tidak menggunakan salah satu aplikasi ini untuk mencegah penggunaan daya baterai yang tidak perlu.

6. Ganti Baterai Jika Sudah Tua

Dalam beberapa kasus, masalah baterai cepat habis bukan disebabkan oleh aplikasi atau pengaturan ponsel, melainkan karena baterai yang sudah tua atau rusak. Bergantung pada model ponsel Anda, baterai mungkin perlu diganti setelah dua atau tiga tahun penggunaan.

Sejumlah ponsel akan memberi tahu Anda ketika kesehatan baterai sudah terlalu menurun dan menyarankan untuk menggantinya. Pertimbangkan untuk mengganti baterai jika Anda menghadapi masalah ini untuk memulihkan kinerja baterai ponsel Anda.***

TiketFest