Scroll untuk baca artikel
Dialog Pilkada

Apindo Prediksi Sektor Usaha di Kota Cirebon Menggeliat Jelang Pilkada

251
×

Apindo Prediksi Sektor Usaha di Kota Cirebon Menggeliat Jelang Pilkada

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Tahun 2024 menjadi tahun politik terutama di Kota Cirebon yang akan melangsungkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak pada November 2024 mendatang.

Maka dari itu, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Cirebon memprediksi akan ada peningkatan iklim usaha di Kota Cirebon.

Ketua Apindo Kota Cirebon, Agus Subiyakto mengatakan, dengan adanya pilkada iklim usaha di setiap kota di Indonesia terutama di Kota Cirebon akan semakin menggeliat.

“Karena mendorong terjadinya injeksi likuiditas yang sangat masif ke perekonomian dalam negeri akibat adanya permintaan biaya kampanye dan belanja publik,” katanya, Selasa (18/6/2024).

Dirinya melanjutkan, menjelang pilkada sendiri terdapat injeksi dana dari masing-masing calon kepada para pengusaha.

“Dimana dana tersebut akan dibelanjakan baik untuk kampanye maupun yang lainnya, dampaknya akan memacu konsumsi domestik di tahun 2024 sehingga iklim usaha akan menggeliat,” lanjutnya.

Bisnis yang akan menggeliat menjelang pemilihan kepala daerah sendiri cenderung kepada sektor percetakan, periklanan, media, transportasi, logistik, makanan, minuman, dan tekstil.

“Biasanya itu dibutuhkan, untuk biaya belanja kampanye lebih banyak terserap pada sektor-sektor tersebut nantinya,” jelasnya.

Kalau untuk iklim investasi sendiri berbeda dengan usaha, sektor investasi sendiri masih wait and see.

“Memang untuk iklim investasi masih cenderung melemah, karena investor cenderung wait and see karena ada jeda dari petahana ke pemenang pemilu,” tutupnya.***(Sakti)

TiketFest