Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Gibran Siapkan Regulasi untuk Perkuat Ekraf di Kota Cirebon

73
×

Gibran Siapkan Regulasi untuk Perkuat Ekraf di Kota Cirebon

Sebarkan artikel ini
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat berdialog bersama para pelaku ekonomi kreatif dan influencer di Kota Cirebon, Selasa (30/1/2024). Foto: Dialog/Haqi

CIREBON – Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menemui sejumlah pelaku ekonomi kreatif dan influencer di Kota Cirebon, Selasa (30/1/2024).

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mendukung para pelaku ekonomi kreatif dan menjanjikan regulasi untuk memperkuat sektor tersebut.

Gibran juga berjanji akan memberikan wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif di Kota Cirebon kalau berhasil memenangi Pilpres 2024. Para pelaku usaha tersebut akan diberikan bantuan permodalan dan inkubasi.

“Ini adalah keinginan dari pelaku ekonomi kreatif atau anak muda di hampir semua daerah,” kata Gibran saat ditemui dalam acara Gimmick Kreatif di salah satu kafe di Jalan Sudarsono, Kota Cirebon, Selasa (30/1/2024).

Gibran menuturkan, sulit berkembangnya usaha kreatif terjadi karena tidak mendapatkan dukungan dari masyarakat. Padahal, usaha tersebut mampu menyerap tenaga kerja banyak sama dengan industri besar lainnya.

Gibran menjelaskan, influencer di setiap daerah memiliki peran untuk menaikkan pamor usaha kreatif maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Butuh influencer untuk mempromosikan UMKM, tempat wisata, supaya viral, dan maju. Contoh, Di solo itu kami dibantu wartawan dan influencer,” ujar Gibran.

Niken, seorang anggota Komunitas Cirebon Movie mengungkapkan kurangnya dukungan dari pemerintah daerah terhadap industri perfilman lokal. Padahal, beberapa karya dari Kota Cirebon diangkat diakui para sineas nasional.

Disebutkan Niken, komunitas tersebut selalu menyajikan film yang mengangkat kebudayaan Cirebon.

“Kami sedang merencanakan membuat film layar lebar tentang Cirebon. Kepada Mas Gibran kami meminta bantuan supaya komunitas kecil yang banyak keterbatasan ini bisa dibantu,” kata Niken.*(Haqi)

TiketFest