Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Mahfud MD Tekankan Empat Hal Pemanfaatan SDA Agar Memihak Rakyat

166
×

Mahfud MD Tekankan Empat Hal Pemanfaatan SDA Agar Memihak Rakyat

Sebarkan artikel ini
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD saat tiba di lokasi Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom)

JAKARTA – Mahfud MD menekankan empat hal dalam pemanfaatan sumber daya alam (SDA) agar memihak kepada rakyat saat memaparkan visi dan misi pada debat keempat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Empat hal tersebut ialah pemanfaatan, pemerataan, partisipasi masyarakat, dan penghormatan kepada hak-hak yang diwariskan.

“Pada 16 Juni 2011, sebagai ketua MK (Mahkamah Konstitusi), saya sudah mengatakan apa-apa yang diperlukan. Saya membuat vonis pada 16 Juni bahwa sumber daya alam (SDA) untuk memihak rakyat itu ukurannya ada empat, pemanfaatan, pemerataan, partisipasi masyarakat, dan kemudian juga penghormatan kepada hak-hak yang diwariskan secara luhur, maka kami akan gunakan tolok ukur,” kata Mahfud dikutip dari ANTARA, Minggu (21/1/2024).

Namun, dia tidak melihat pemerintah saat ini melakukan langkah-langkah untuk menjaga kelestarian lingkungan alam.

Cawapres nomor urut 3 itu menyatakan SDA Indonesia sangat kaya, namun belum tercapai kedaulatan pangan. Bahkan, kata dia, lahan pertanian bagi para petani pun semakin sedikit dan subsidi pupuk semakin besar.

“Pasti ada yang salah, petaninya sedikit, lahan sedikit, kok subsidinya setiap tahun naik. Pasti ada yang salah. Laut kita berlimpah, udara kita meracuni paru-paru kita,” tegasnya.

Oleh karena itu, Mahfud menekankan bahwa dia bersama capres Ganjar Pranowo mempunyai sejumlah program untuk menumbuhkan sektor pertanian dan nelayan di Tanah Air, seperti Petani Bangga Bertani dan Di Laut Nelayan Sejahtera.*

TiketFest