Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Jelang Masa Tenang Pemilu, Pj Wali Kota Cirebon Minta Alat Peraga Kampanye Segera Dicopot

116
×

Jelang Masa Tenang Pemilu, Pj Wali Kota Cirebon Minta Alat Peraga Kampanye Segera Dicopot

Sebarkan artikel ini
Penertiban alat peraga kampanye (APK) di Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon, Jumat (29/12/2023). Foto: Dialog/Sakti

CIREBON – Pemerintah Kota Cirebon berharap adanya kesadaran dari para peserta pemilu untuk mencopot peraga kampanye (APK) menjelang masa tenang Pemilu 2024.

Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan, pada Jumat (9/2/2024) besok akan diadakan rapat terkait dengan teknis pencopotan terhadap APK yang terpasang.

“Kami harap semuanya harus sudah memahami, saya juga minta KPU yang menjadi koordinator penertiban APK tapi nanti harus berkoordinasi dengan stakeholder yang lain,” katanya, Kamis (8/2/2024).

Dirinya melanjutkan, pihaknya bersama dengan Satpol-PP selalu mendukung terhadap upaya penertiban APK sampai dengan proses pembongkaran.

“Kita juga akan support pada pengiriman pada titik akhir, kami harapkan besok sudah clear agar hari Minggu bisa langsung bergerak menertibkan,” lanjutnya.

Ia menuturkan, hari Minggu jam 00.01 WIB tu pihaknya akan melakukan penertiban APK yang berada di Kota Cirebon.

“Kita targetkan tanggal 12 Februari itu sudah selesai jadi tanggal 13 sudah tidak ada lagi alat peraga kampanye,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cirebon Devi Siti Sihatul Afiah mengatakan, pihaknya meminta KPU untuk memfasilitasi penertiban APK pada masa tenang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Cirebon, Edi Siswoyo mengatakan, terdapat 60 personel Satpol-PP yang akan dibantu oleh 135 linmas.

“Nanti juga dibantu oleh Bawaslu sebanyak 1000 orang, dan juga dibantu oleh dinas terkait,” katanya.

Dirinya melanjutkan, pihaknya akan melakukan pada hari Sabtu malam yang akan menyisir jalan protokol dan jalan utama terlebih dahulu.

“Kalau tanggal 12 sendiri kalau cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan penertiban sore hari, maka akan diubah ke malam hari atau bahkan pagi hari,” lanjutnya.*(Sakti)

TiketFest