Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Panwaslu Kejaksan Kota Cirebon Awasi Pengadaan Logistik Surat Suara Pemilu 2024

204
×

Panwaslu Kejaksan Kota Cirebon Awasi Pengadaan Logistik Surat Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Pers realease Panwaslu Kejaksan, Selasa (12/12/2023). Dok Dialog/Hasan

CIREBON– Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon telah melaksanakan pengawasan pengadaan logistik surat suara pemilihan umum tahun 2024 di gudang logistik KPU Kota Cirebon di Jalan Pronggol Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Hal tersebut disampaikan ketua Panwaslu Kecamatan Kejaksan Subagio, saat menggelar konferensi pers terkait Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Logistik di Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan Kejaksan di Jalan Kesenden, Kampung Baru Kelurahan Kesenden Kecamatan Kejaksan, Selasa (12/12/2023).

Pada kesempatan tersebut Subagio didampingi dua komisioner Panwaslu Kecamatan Kejaksan lainnya, yakni Tuty Syarifah Syahputri, S.E sebagai Koordiv HP2HM dan M. Anis Sulfata, S.E., M.E sebagai Koordiv PP dan PS menjelaskan, yang datang saat ini baru surat suara untuk pemilihan DPRD Kota Cirebon, sedangkan surat suara lainnya seperti Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPR RI, DPD dan DPRD Provinsi menyusul. Berikut beberapa poin yang disampaikan saat press release digelarantara lain:

  1. Logistik yang telah sampai di gedung KPU Kota Cirebon di antaranya berupa kotak suara, bilik suara, tinta, segel, segel plastik, bantalan dan alat coblos, tanda pengenal, alat tulis serta plastik pembungkus dan surat suara.
  2. Total suara pemilihan anggota DPRD kota Cirebon ditambah surat suara PSU (Pemilihan Suara Ulang) sebanyak 5.000 lembar, sehingga total keseluruhan surat suara tercetak adalah sebanyak 262.924 lembar.
  3. Total box Dapil 1 Kota Cirebon yang meliputi Kecamatan Kejaksan-Pekalipan ialah 124 box, dengan rincian 123 box isi 500 lembar dan 1 box isi 436 lembar, total 61.936 lembar.
  4. Perincian jumlah suara di Dapil 1 Kecamatan Kejaksan-Pekalipan yang tercetak dan terdistribusi ialah jumlah DPT ditambah 2 persen dari jumlah DPT di masing-masing TPS dengan jumlah 60.936 lembar ditambah surat suara PSU sebanyak 1.000 lembar.

Tuty Syarifah Syahputri menambahkan, surat suara di cetak oleh PT. Gramedia Site Bawen kemudian diangkut menuju gudang Logistik KPU Kota Cirebon menggunakan dua mobil box masing-masing truck dengan nomor polisi B 9902 FCL dan H 8058 EO, dengan menggunakan ekspedisi KGX dari Jakarta.

“Alhamdulillah saat ini kegiatan pengawasan logistik surat suara DPRD Kota Cirebon untuk pemilu tahun 2024 berjalan aman, kondusif dan lancar. Semua terdistribusi dengan baik dan rapi,” ucap Tuty.

Menurutnya, kondisi gudang logistik saat ini dalam keadaan aman, dijaga oleh TNI-Polri. “Kamo selalu melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban sebagai Panwaslu Kecamatan sesuai undang-undang dan aturan kepemiluan yang berlaku,” tandasnya.*

TiketFest