Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Penuhi Syarat, 12 Orang Mantan Narapidana di Bangka Belitung Siap Nyaleg

309
×

Penuhi Syarat, 12 Orang Mantan Narapidana di Bangka Belitung Siap Nyaleg

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi-logo Pemilu 2024 KPU.ANTARA/HO-Dokumentasi KPU

PANGKALPINANG – KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menetapkan 12 orang mantan narapidana sebagai calon legislatif (caleg) Pemilu 2024.

“Hanya satu orang mantan narapidana yang tidak lolos sebagai caleg,” kata Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Kepulauan Babel Muslim Ansori dilansir dari ANTARA, Rabu (8/11/2023).

Ia menyebutkan, 12 orang mantan narapidana yang lolos sebagai caleg pada Pemilu 2024 dengan rincian caleg dari PDI-P dua orang, Nasdem dua orang, Demokrat dua orang, Perindo dua orang, PKS satu orang, PSI satu orang dan PPP satu orang.

Sementara satu orang narapidana tidak lolos sebagai caleg Pemilu 2024 berasal dari Perindo Dapil 4 Belitung, karena mantan narapidana menjalani masa hukuman di atas empat tahun.

“Dalam penetapan mantan narapidana sebagai caleg ini, kami berpegang teguh aturan berlaku, seperti putusan mahkamah konstitusi dan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023 terkait penetapan mantan narapidana,” ujarnya.

Ia menyatakan saat ini KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih menunggu gugatan dari narapidana tidak lolos sebagai caleg dalam Pemilu 2024.

“Penyelesaian konflik di KPU ini berproses di Bawaslu. Oleh karena itu, caleg dan parpol yang tidak menerima putusan ini bisa melaporkan ke Bawaslu,” katanya.

Menurut dia putusan dari Bawaslu ini nantinya sebagai dasar atau patokan KPU untuk menindaklanjutinya.

“Bawaslu memutuskan dan KPU wajib menindaklanjuti putusan tersebut,” katanya.*

TiketFest