Scroll untuk baca artikel
Berita

Peringati Hari Penanaman Pohon di lndonesia, Pelindo Regional 2 Cirebon Tanam Mangrove di Desa Pabean llir lndramayu

170
×

Peringati Hari Penanaman Pohon di lndonesia, Pelindo Regional 2 Cirebon Tanam Mangrove di Desa Pabean llir lndramayu

Sebarkan artikel ini
Simbolis penanaman pohon mangrove di Desa Pabean Ilir, Indramayu. Dok: Pelindo Regional 2 Cirebon

INDRAMAYU– PT. Pelabuhan lndonesia (persero) Regional 2 Cirebon melakukan penanaman Pohon Mangrove di Desa Pabean llir, Kabupaten lndramayu.

Acara ini dihadiri langsung oleh General Manager Pelindo Regional 2 Cirebon Supardi, Kepala BPDAS Cimanuk, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah lX, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan sekaligus Plh Kepala Dinas LH Kab lndramayu, Ketua Kelompok
Persada Mina Lestari, Kuwu Pabean llir serta para undangan terkait.

Supardi mengatakan, program PT. Pelabuhan lndonesia Penanaman Mangrove merupakan bagian dari sistem pengelolaan Hutan Mangrove yang merupakan bagian integral dari pengelolaan kawasan pesisir secara terpadu yang ditempatkan pada kerangka Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai unit manajemen.

Seiring berkembangnya zaman dan banyaknya orang yang bermukim didaerah pesisir maka sebagian orang memanfaatkan lahan mangrove sebagai lahan pemukiman dengan cara menebang Hutan Mangrove dan juga mereka mengekploitasi secara besar-besaran sehingga Hutan Mangrove semakin berkurang.

“Oleh karena itu perlu diadakan upaya perbaikan dan pemulihan atau rehabilitasi sehingga Mangrove yang ada sekarang tidak semakin berkurang demi masa depan generasi selanjutnya,” ucapnya.

“Bertepatan dengan memperingati
hari Penanaman Pohon di lndonesia, Pelindo Regional 2 Cirebon lakukan penanaman
Mangrove yang tentunya memberikan banyak manfaat seperti dalam upaya mencegah abrasi, erosi, serta mengurangi dampak yang diakibatkan oleh Rob,” imbuh Supardi.

Selain itu, lanjut Supardi, juga bermanfaat sebagai habitat bagi perkembangan hewan laut seperti udang, kepiting, dan ikan, yang akhirnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir.

“Mangrove merupakan habitat penting untuk ekosistem laut dan keanekaragaman hayati di dalamnya. Keberadaan mangrove juga tidak bisa dilepaskan dari mekanisme pertahanan alami dari abrasi atau gelombang tinggi. Penanaman mangrove ini, diharapkan dapat menjaga ekosistem laut yang juga berdampak imbas baik pada lingkungan Pelabuhan Cirebon,” terangnya.

Kegiatan Rehabilitasi Mangrove melalui Program TJSL Pelindo Regonal 2 Cirebon ini juga diharapkan akan memberikan dorongan ekonomi bagi penduduk sekitar ekosistem Mangrove.

Hal ini diupayakan melalui peluang usaha dan kegiatan yang dapat meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat serta memperbaiki ekosistem mangrove.***

TiketFest