Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Pimpinan Ponpes Buntet Cirebon Alihkan Dukungan ke Prabowo-Gibran

160
×

Pimpinan Ponpes Buntet Cirebon Alihkan Dukungan ke Prabowo-Gibran

Sebarkan artikel ini
Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Buntet Cirebon, Jawa Barat K.H. Adib Rofiuddin Izza (tengah) mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2023). ANTARA/Fath Putra Mulya.

JAKARTA – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Buntet Cirebon, KH Adib Rofiuddin Izza mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Melalui deklarasi ini, KH Adib tidak jadi mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagaimana yang pernah ia deklarasikan pula sebelumnya.

“Di sini saya jelaskan pada semuanya, saya tabayun, klarifikasi bahwa saya sesepuh dan pimpinan Pondok Pesantren Buntet sudah menyatakan untuk mendukung dengan penuh kepada Bapak Prabowo Subianto sebagai Presiden RI kedelapan dan kepada Mas Gibran Rakabuming Raka,” kata KH Adib dikutip dari ANTARA, Kamis (4/1/2024).

Ia meyakini jika pasangan Prabowo dan Gibran mampu memimpin Indonesia dengan amanah untuk memajukan dan menyejahterakan rakyat dan membawa Indonesia menjadi negara maju.

“Sekali lagi, biar tidak ada keraguan kepada yang lain, hari ini saya menyatakan dengan bulat karena saya juga dengan Pak Prabowo juga sangat dekat dengan beliau,” katanya.

KH Adib mengaku dekat dengan Prabowo dan jajaran di TKN serta Partai Gerindra. Oleh karena itu, ia menyebut deklarasi ini untuk meluruskan pemberitaan yang simpang siur.

“Itu yang bisa saya sampaikan biar berita tidak simpang siur,” tegasnya.

Lebih lanjut, ketika ditanya perihal alasannya beralih mendukung Prabowo-Gibran alih-alih Ganjar-Mahfud, ia menyebut hal itu adalah bagian dari dinamika politik. Ia mengaku memiliki hubungan emosional dengan Prabowo-Gibran.

“Itu dinamika politik kayak gitu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani mengatakan, dukungan KH Adib memberikan energi dan menambah kepercayaan diri kubu Prabowo-Gibran menghadapi Pilpres 2024.

“Tentunya dukungan ini mempunyai arti dan makna yanG sangat besar kepada kami semua karena ini memberikan kepada kami lebih berenergi, lebih percaya diri, dan lebih semangat lagi dalam menjalankan tugas kami,” ujarnya.

Sebelumnya, KH Adib Rofiuddin Izza menegaskan dukungan kepada Ganjar-Mahfud untuk Pilpres 2024, Senin (25/12/2023). Ganjar Pranowo juga sempat silaturahmi dan sowan ke kediaman KH Adib di Cirebon, Sabtu (3/6/2023).

Selain itu, Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani juga diketahui pernah menyambangi KH Adib di Cirebon, Senin (4/7/2023) lalu.

Saat itu, Puan menyebut kehadirannya ke sana untuk menyambung tali silaturahmi yang sudah lama terjalin.*

TiketFest