Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Terkait Pembelian Alutsista, Ganjar: No Utang, No Usang

168
×

Terkait Pembelian Alutsista, Ganjar: No Utang, No Usang

Sebarkan artikel ini
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). . ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)

JAKARTA – Ganjar Pranowo mengatakan bahwa dirinya bersama Mahfud Md akan menerapkan kebijakan pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang tanpa utang dan tidak usang.

“Jadi mohon maaf kaitan dengan utang, no utang, no usang, sehingga alutsista kita betul-betul kita lakukan transfer of technology dari dalam negeri,” kata Ganjar dikutip dari ANTARA, Minggu (7/1/2024).

Capres nomor urut 3 itu menuturkan, kebijakan pembelian alutsista dengan menggunakan utang justru bisa mematikan. Hal itu disampaikan setelah membaca buku “Confessions of an Economic Hit Man” yang ditulis oleh John Perkins dan dirilis pada 2004.

“Utang-utang itu memang bisa mematikan, maka hati-hati kalau mau utang, terutama pada infrastruktur yang punya risiko tinggi,” kata Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut juga mengatakan bahwa pemerintah harus menghitung betul dan bijak untuk membeli alutsista. Sebab, menurut dia, sebuah negara pernah kolaps karena utang.

“Namun demikian, kalau mau memakai kekuatan dalam negeri wajib hukumnya kita mendorong ekonomi tumbuh 7 persen. Kemudian governance berjalan bisa dengan baik, maka ICOR bisa turun 4 persen. Dan kemudian kita mesti betul-betul antikorupsi. Kalau itu tidak dilakukan, maka tidak tumbuh ekonomi yang ada di tempat kita,” ujarnya.

Walaupun demikian, Ganjar mengatakan bahwa industri pertahanan dalam negeri perlu dikuatkan.

Sementara itu, calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan bahwa dirinya setuju dengan pernyataan yang disampaikan oleh Ganjar.

“Jangan-jangan buku kita sama Pak Ganjar. Saya banyak sependapat terus terang saja. Saya akan bilang A, (maka) A. Saya bukan orang macam-macam,” kata Prabowo.*

TiketFest