Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Dukung Gerakan Satu Juta Pohon, Daop 3 Cirebon Tanam Ratusan Pohon

207
×

Dukung Gerakan Satu Juta Pohon, Daop 3 Cirebon Tanam Ratusan Pohon

Sebarkan artikel ini
enanaman pohon di Stasiun Cirebon, Rabu (10/1/2024). Foto: Dialog/Sakti

CIREBON – KAI Daop 3 Cirebon melakukan penanaman sebanyak 365 pohon di seluruh stasiun di wilayahnya dalam rangka program Gerakan Satu Juta Pohon.

Vice President Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana mengatakan, 365 pohon tersebut akan dibagi tidak hanya di Stasiun Cirebon saja.

“Kita nanti akan bagi, ada di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 200 Krucuk, lalu ada di kantor mekanik ringan di Stasiun Prujakan dan sisanya kita sebar di Stasiun yang berada di Daop 3 Cirebon,” katanya, Rabu (10/1/2024).

Dia menjelaskan, penanaman pohon tersebut juga upaya pihaknya konsen terhadap gerakan KAI Go Green yang sesuai dengan anjuran pemerintah pusat dengan memperhatikan Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Penanaman pohon ini juga dilakukan agar memperoleh keseimbangan antara karbondioksida yang dihasilkan oleh kereta api dengan kita kembalikan lewat oksigen yang dihasilkan oleh tanaman,” tuturnya.

Dicky mengungkapkan, daerah yang kurang vegetasinya adalah daerah Arjawinangun dikarenakan adanya angkutan semen.

“Jadi adanya angkutan semen tersebut terkait dengan safety operasional itu agak sulit, karena di area angkutan semen itu tidak boleh ditanami pohon yang tinggi karena dikhawatirkan ketika tumbang menghalangi operasional,” ungapnya.

Dirinya menjelaskan, area Stasiun Arjawinangun sendiri sangat terbatas sehingga hanya bisa ditanami tanaman yang kecil.

“Total di Daop 3 ada 30 stasiun, untuk penghijauannya sendiri sudah 85 persen, termasuk kantor-kantor perawatan kita lakukan penghijauan, tadi arahan pak Agung harus sewa profesional,” tutupnya.*(Sakti)

TiketFest