Scroll untuk baca artikel
Politik

Dukung Transformasi PLN, UPT Cirebon Optimalkan Keandalan Transmisi dengan JeCo

333
×

Dukung Transformasi PLN, UPT Cirebon Optimalkan Keandalan Transmisi dengan JeCo

Sebarkan artikel ini
PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cirebon terus melakukan percepatan untuk meningkatkan produktivitas dan juga pelayanan pelanggan melalui produk inovasi JeCo. Dok. PLN

CIREBON– Transformasi PLN memiliki 4 Aspirasi yang menjadi arah perubahan PLN, yaitu Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused. Pada aspirasi Innovative, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cirebon terus melakukan percepatan untuk meningkatkan produktivitas dan juga pelayanan pelanggan melalui produk inovasi JeCo.

JeCo atau Jumper Clamp Compression didesain untuk membantu fungsi midspan joint dalam menyalurkan arus listrik dengan mengalirkan arus yang melewatinya sehingga anomali hotspot pada midspan joint teratasi. JeCo juga didesain mampu menahan konduktor apabila terjadi putusnya midspan joint akibat gangguan kelebihan panas (hotspot).

Manager UPT Cirebon, Yaya Supriman menjelaskan, dngan mengimplementasikan JeCo, kondisi sambungan kawat konduktor akan tetap dalam ambang panas normal.

“Tentu ini adalah suatu inovasi yang harus diterapkan di unit kerja kita, agar peralatan kita tetap dalam kondisi prima dan andal,” terang Yaya.

JeCo mulai diimplementasikan sejak Agustus 2022 di SUTET 500kV Bandung Selatan – Mandirancan dengan hasil dari implementasi tersebut, tidak lagi ditemukan gangguan kelebihan panas pada sambungan kawat konduktor. Hingga pada Oktober 2023, JeCo diikutsertakan pada Seleksi Perlombaan Karya Inovasi (SPKI) ke-XXVI tahun 2023 dan berhasil meraih Juara 2 Bidang Transmisi di tingkat nasional.

Proses fabrikasi dan pemasangan JeCo dilakukan secara mandiri dengan biaya produksi yang relatif murah serta bahan yang mudah didapat. Selain itu, alat ini juga memiliki keunggulan dapat diimplementasikan tanpa pemadaman sehingga tidak menggangu penyaluran energi listrik kepada para pelanggan PLN.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN UIT Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono, memberikan pendapatnya terkait program transformasi yang sudah berjalan dengan baik di PLN UIT Jawa Bagian Tengah.

“Melalui Karya Inovasi, PLN berhasil menghasilkan value creation untuk mendukung pencapaian target kinerja PLN dan tentunya PLN akan terus bertransformasi mewujudkan bisnis ketenagalistrikan yang lebih sehat dan memberikan manfaat yang lebih baik bagi masyarakat melalui karya inovasi,” ungkap Tejo.*

TiketFest