Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Ramp Check Bus, Dishub Kabupaten Cirebon Catat Sejumlah Temuan

91
×

Ramp Check Bus, Dishub Kabupaten Cirebon Catat Sejumlah Temuan

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon dan Polresta Cirebon melakukan sidak ke pool Perusahaan Autobus (PO) yang berada di wilayah kerjanya, untuk menggelar ramp check menjelang masa mudik-balik Lebaran 2024, Senin (1/4/2024). 

Kadishub Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah menjelaskan, petugas gabungan dari Dishub Kabupaten Cirebon dan Polresta Cirebon melakukan kegiatan ramp check dalam rangka persiapan menjelang masa mudik Lebaran 2024. Pihaknya melakukan pemeriksaan di beberapa PO Bus. 

“Hasil temuan kami, ada kartu uji kir bus yang sudah tidak berlaku, palu darurat di dalam bus banyak yang sudah tidak ada, kemudian ada juga pintu darurat yang tidak berfungsi,” jelasnya. 

Temuan lain, kata Hilman, yakni klakson telolet. Pihaknya melakukan penyitaan klakson tersebut. 

“Kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan pengemudi bus, dan dari 10 orang yang di-test semuanya dalam keadaan sehat, tes urine juga negatif natkotika,” jelasnya.

Sementara itu, bagian operasional PO Bus Sahabat, Surnarto menjelaskan, untuk klakson telolet sebenarnya insiatif dari kru bus. “Tetapi dengan sering terjadinya insiden, kami sering mengingatkan ke kru, agar segera dilepas, tapi kenyataannya ada juga yang masih terpasang,” ucapnya.

“Sekarang kami tegas agar dilepas semua, tanpa terkecuali,” imbuhnya.***

TiketFest