Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

Rangkaian HPSN, DLH Sedekahkan Sampah Sebanyak 42,8 Kilogram

292
×

Rangkaian HPSN, DLH Sedekahkan Sampah Sebanyak 42,8 Kilogram

Sebarkan artikel ini
Penimbangan sampah di Kantor DLH Kota Cirebon, Jumat (1/3/2024). Foto: Humas Pemkot Cirebon
Penimbangan sampah di Kantor DLH Kota Cirebon, Jumat (1/3/2024). Foto: Humas Pemkot Cirebon

CIREBON – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon melakukan sedekah sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024 tingkat Kota Cirebon.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kota Cirebon Solihin mengatakan, pihaknya melakukan sedekah sampah sebanyak 42,8 kilogram.

“Sampah tersebut terdiri dari botol plastik sebanyak 42,2 kilogram dan non botol plastik sebanyak 0,6 kilogram,” katanya, Jumat (1/3/2024).

Dirinya melanjutkan, sampah berasal dari para pegawai DLH yang mengumpulkan sampah bekas minuman dan makanan selama beberapa pekan.

“Sebelum dikumpulkan sampah dipilah berdasarkan jenisnya, sedekah sampah merupakan bentuk kesadaran dari pegawai DLH, mereka prihatin banyak sampah yang dihasilkan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.

Ia menuturkan, sampah terdiri dari sampah organik, sampah anorganik, sampah B3, sampah kertas dan sampah residu. Setiap sampah dipisahkan sesuai dengan jenisnya.

“Setelah ditimbang kemudian sampah ditampung di Pusat Daur Ulang (PDU) Dukuh Semar. Nanti sampah akan dijual dan uangnya akan diserahkan ke Badan Amil zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, sedekah Sampah untuk sementara dijalankan di internal DLH Kota Cirebon.

“Namun kedepannya, program akan dijalankan ke seluruh perangkat daerah, hal ini untuk memberikan kesadaran bahwa sampah yang dihasilkan berguna untuk masyarakat,” tutupnya.***

TiketFest