Scroll untuk baca artikel
Kuliner

5 Tempat Kuliner Khas Cirebon yang Dikunjungi Youtuber Davidsbeenhere

251
×

5 Tempat Kuliner Khas Cirebon yang Dikunjungi Youtuber Davidsbeenhere

Sebarkan artikel ini
kuliner khas cirebon nasi jamblang
Tangkapan layar Nasi Jamblang (Kanal Youtube/Davidsbeenhere)

Youtuber asal Amerika Serikat (AS) Davidsbeenhere mengajak penontonnya menjelajahi kuliner khas Cirebon. Konten video berjudul “100 Hours in Cirebon” ia unggah pada Kanal Youtube-nya yang telah memiliki 1,27 Juta Subsciber itu.

Davidsbeenhere atau yang akrab disapa David, menampilkan setiap tempat yang dikunjungi tidak hanya menawarkan cita rasa yang memikat, tetapi juga membawa penonton dalam perjalanan budaya yang kaya dan beragam. 

David mengeksplorasi setidaknya lima tempat kuliner khas Cirebon dengan menghadirkan pengalaman unik dan autentik. Dari legitnya botok hingga gurihnya Mie Koclok, David memberikan sorotan mendalam pada kekayaan kuliner yang dimiliki oleh kota yang kaya sejarah ini.

Dan berikut lima tempat kuliner khas Cirebon yang dikunjungi Youtube Davidsbeenhere dalam konten “100 Hours in Cirebon”.

1. Botok Kuliner Khas Cirebon

Tangkapan layar botok khas Cirebon (Kanal Youtube/Davidsbeenhere)

Tempat pertama yang dikunjungi David sesampainya di Cirebon adalah Pabrik Botok di Trusmi. Pada kesempatan itu, David juga melihat proses pembuatan botok, sebelum ia mencicipi botok untuk pertama kalinya.

Menurut David, botok memiliki aroma pandan yang menggoda dengan tekstur yang lembut. Terdapat beberapa jenis isian botok, salah satunya adalah botok roti yang ia makan. Perpaduan bahan utama dengan santan yang menjadi komponen dalam botok membuat cita rasanya menjadi legit dan gurih.

Datang dan melihat langsung proses pembuatan botok menjadi pengalaman yang luar biasa bagi David. Ia mengatakan melihat bagaimana botok dibuat langsung dengan tangan dan cinta menambah keistimewaan dari botok itu sendiri. 

2. Warung Nasi Lengko Dan Sate Kambing H.M. Sadi

Tangkapan layar Nasi Jamblang (Kanal Youtube/Davidsbeenhere)

David melanjutkan jelajah kulinernya di Cirebon setelah mengunjungi Botok di Trusmi. Ia kemudian menyantap hiadangan Nasi Lengko di Warung Nasi Lengko Dan Sate Kambing H.M. Sadi yang berlokasi di Gang Alas Demang 1, Nomor1, Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon.

Nasi lengko adalah kuliner khas Cirebon yang terdiri dari nasi putih disajikan dengan tauge, tahu goreng, tempe goreng, serta irisan mentimun dan tomat. Yang membuatnya istimewa adalah kuah kacang kental yang gurih, terbuat dari bumbu rempah dan kacang tanah. 

Menurut David, saus kacang atau sambel kacang menjadi kunci dari kelezatan Nasi Lengko. Apalagi disajikan dengan sate kambing menjadi kombinasi cita rasa yang lezat dan memanjakan lidah.

TiketFest